SELAMAT DATANG DI LAMAN LP2M UNU SURAKARTA

Rabu, 19 Desember 2018

IPTEKS BAGI MASYARAKAT (IbM) USAHA KECIL MIKRO BENGKEL MOBIL DI BANYUANYAR SURAKARTA UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PELAYANAN

Jurnal Pengabdian Masyarakat Kewirausahaan Indonesia (JANAKA) vol 1 no 1 2011
Oleh:
Sutrisno, ST, M.Eng dan tim

ABSTRAKSI 
Bengkel mobil “SAE” dan bengkel mobil “ERA 2000” merupakan usaha kecil dengan sejumlah keterbatasan, diantaranya adalah keterbatasan jenis jasa layanan servis, sarana prasarana, sumber dana, dan kemampuan mengelola bengkel. Kedua bengkel tersebut berlokasi di Banyuanyar Surakarta. Kapasitas usahanya masih rendah sehingga daya saing pelayanan sulit untuk ditingkatkan. Maka untuk menyelesaikan permasalahannya dilakukan dengan memberikan pelatihan, pendampingan, dan hibah peralatan servis mobil injeksi. Pelatihan dan pendampingan meliputi servis mobil berteknologi injeksi, penerapan sistem administrasi bengkel, penyusunan laporan keuangan, kewirausahaan dan manajemen pemasaran, dan manajemen lingkungan keselamatan dan kesehatan kerja (LK3). Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini bertujuan: 1) meningkatkan kemampuan SDM dalam menghasilkan jasa layanan servis dan sebagai persiapan dalam menawarkan jasa layanan servis mobil berteknologi injeksi, 2) meningkatkan kemampuan SDM dalam implementasi sistem administrasi, 3) meningkatkan kemampuan SDM dalam pencatatan laporan keuangan, 4) pengelola bengkel mobil mempunyai keahlian manajerial, 5) pemilik bengkel mobil mempunyai pengetahuan dan pemahaman mengelola semua aspek keselamatan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah pengelola bengkel yang memiliki kemampuan manajemen bengkel dan kesiapan menawarkan jasa layanan servis mobil yang berteknologi injeksi.
Kata kunci: bengkel mobil, pelatihan, pendampingan, daya saing pelayanan
Selengkapnya di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar